Jembatan Hasil Swadaya, Akhirnya Tak Berdaya Dan Rawan Ambruk

Jembatan Hasil Swadaya, Akhirnya Tak Berdaya Dan Rawan Ambruk

Loading

Bidiktipikor.com Pandeglang,
Dengan lebar 4 M dan panjang hampir 10 M, jembatan yang ada di Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang, Terlihat rawan ambruk.

Jembatan hasil swadaya Masyarakat tersebut sudah mencapai lebih dari 10 tahun kekuatannya. Dan pada akhirnya penyanggah bawah jembatan terkikis oleh air sungai yang mengalir.

Jembatan yang menghubungkan antara kampung bongas atas dan bawah memang seringkali di gunakan oleh masyarakat dan masyarakat luar. Pasalnya di Desa tersebut terdapat situs wisata Batu Goong yang kerap sekali di datangi wisatawan domestik.

Menurut warga setempat, akses jalan situs Batu Goong selain Desa sukasari akses juga melalui kampung bongas Desa Sukaraja,” sebetulnya, jembatan itu hasil dari swadaya kami selaku warga masyarakat, tujuan nya tak lain agar bisa melalui jembatan yang awalnya tak bisa di lalui oleh mobil dan motor, nah sekarang sampai bisa, itu hasil kami masyarakat swadaya,” ucap warga kampung yang enggan di publikasikan namanya.

Menurutnya, jembatan yang sangat mengkhawatirkan tersebut membuat nya resah,”kami berharap agar Pemerintah Kabupaten, Provinsi, dan Pusat, dapat membantu memperbaikinya, sebab itu jembatan hanya satu satunya tempat kami lewat menjual hasil bumi,” ucapnya.

Saat bidiktipikor.com mengkonfirmasi terkait jembatan tersebut kepada Pemerintah Desa, Kepala Desa juga membenarkan kan,” benar pak jembatan tersebut adalah salah satu akses jalan masyarakat kami dalam menjual hasil bumidan usaha lainnya,”ungkap Hari selaku Kepala Desa Sukaraja Kecamatan Pulosari Kabupaten Pandeglang.

Heri juga akhirnya menjelaskan kepada bidiktipikor.com,” dulu kami bergotong royong dan berswadaya, agar kami memiliki akses jalan melalui Jembatan tersebut. Namun dalam kekuatan yang di emban jembatan tersebut, pandai bawahnya tergerus oleh debit air yang tinggi, bahkan sampai kebanjiran,” ujar Heri.

Masih menurut Heri, tak salah bila warga masyarakatnya menginginkan segera di perbaiki,”kami juga sangat maklum terhadap mas kami yang ingin segera di perbaiki jembatan tersebut, sebab itu akses masyarakat guna mencari nafkah. Dan kami juga berharap dalam hal ini kepada pihak terkait baik dari Kabupaten, Provinsi dan Pusat, Agar membantu masalah ini, “pintanya.

Jembatan yang menghubungkan tempat wisata alam situs Batu Goong, sangatlah di khawatir kan oleh warga. Perlu Adanya campur tangan pemerintah guna meningkatkan sumber daya manusia yang maju, melalui hasil bumi masyarakat.

Reporter :Rudi

Related posts

Leave a Comment