1.286 Sapi di Metro Sudah Divaksin Booster

1.286 Sapi di Metro Sudah Divaksin Booster

Loading

Metro (Bidik Tipikor) — Sebanyak 1.286 ekor sapi di Metro sudah menerima vaksin booster untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Bumi Sai Wawai.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Herry Wiratno mengatakan, dari jumlah populasi hewan ternak sapi yang ada di Metro 1.286 ekor telah menerima vaksin booster PMK.

“Jumlah populasi kita ada 8.796 ekor sapi. Yang telah di vaksin pertama sebanyak 2.830 ekor dan yang menerima vaksin booster 1.286 ekor sapi,” kata dia, Rabu, 21 September 2022.

Dia menambahkan, dari capaian vaksinasi PMK tersebut jadi 32 persen ternak di Metro telah menerima vaksin pertama dan 14 persen vaksin telah menerima vaksin booster.

“Kita telah menerima beberapa tahap dosis. Seperti pada awal itu kita baru 500 dosis, kiriman kedua 700 dosis dan yang terakhir seribu lebih dosis yang kita terima,” tambahnya.

Dia menjelaskan, meskipun saat ini di Bumi Sai Wawai tidak ada lagi kasus PMK yang terjadi. Herry tetap mengimbau para peternak agar waspada penularan PMK.

“Untuk kasus sudah tidak ada lagi, namun mobilitas hewan ternak tetap berjalan lancar asal tetap dengan prosedur yang ada. Namun, sebelum adanya mobilisasi skala besar harus ada uji lab dari Laboratorium Biofat. nanti sampel darah di cek untuk memastikan kesehatan hewan,” ujarnya.

“Itu kewenangan Biofat dan ada biaya tambahan mulai ambil sampel dan di tanggung oleh pengirim. Jadi yang akan menanggung pembiayaan dari peternak itu sendiri,” lanjutnya. (Antoni.G)

Related posts

Leave a Comment