Penegak Perda Tanyakan Keterlibatan Lurah dan Camat dalam Izin Tower di Purwoasri

Penegak Perda Tanyakan Keterlibatan Lurah dan Camat dalam Izin Tower di Purwoasri

Loading

Metro ,(Bidiktipikor.com)– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Metro menyalahkan pihak kelurahan dan kecamatan terkait diterbitkan nya izin lingkungan atas pembangunan menara BTS yang berada di Jalan Bison, Kelurahan Purwoasri, Metro Utara.

Kepala Bidang (Kabid) Penegak Perda, Satpol-PP Kota Metro, Yoseph Nenotaek mengatakan, dalam perizinan suatu pembangunan tentu pamong serta instansi terkait saling mengetahui.

“Seharusnya Kelurahan dan Kecamatan yang punya wilayah itu mengetahui pembangunan, jangan bilang tidak mengetahui atau tidak paham izin nya,” kata dia, Rabu, 12 Oktober 2022.

Dia menambahkan, proses izin lingkungan, pamong harus mengetahui di suatu tempat ada bangunan tower BTS dan harus lapor ke Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

“Apa bila pihak pengelola belum memiliki izin, maka kami ingatkan. Persoalan mereka ini pihak pertama yang mengurus tidak selesai dan ganti orang bahkan sampai pihak ketiga. Dan sampai sekarang tidak jelas,” tambahnya.

Dia menjelaskan, atas kegiatan itu, pihaknya telah memberikan surat teguran untuk perusahaan. Namun, hingga teguran ketiga, belum ada etika untuk mengurus dan menindaklanjuti perizinan tersebut.

Kemudian, untuk retribusi, selama berdiri nya tower tersebut belum ada penarikan retribusi ke kas daerah sama sekali.

“Jangankan retribusi, denda saja tidak bisa. Karena izinnya belum ada. Kalaupun sudah selesai TKPRD nanti pasti ada denda, karena sudah mendahului pembangunan,” lanjutnya.

Terputusnya komunikasi antara pihaknya dengan perusahaan mengakibatkan persoalan ini menjadi lempar-lemparan tanggung jawab. (Red/Team)

Reporter; Anton

Related posts

Leave a Comment