Keterbatasan Dana, Disdik Tarik Iuran Untuk Pelatihan Guru

Keterbatasan Dana, Disdik Tarik Iuran Untuk Pelatihan Guru

Loading

BIDIK TIPIKOR , Lampung Barat – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tarik iuran sebesar Rp350.000, dari 806 guru yang berasal 15 kecamatan di Lambar, untuk pelaksanaan kegiatan Pelatihan Multimedia Profesi Guru.

Penarikan iuran terpaksa dilakukan karena anggaran untuk pelatihan tidak ada.

“Kita melakukan penarikan karena anggaran tidak cukup ada,” ucap Mashuri, Kepala Bidang Kepegawaian Disdikbud Lambar, saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, senin (28/11).

Menurutnya, dana yang terkumpul dari hasil penarikan iuran digunakan untuk kegiatan pelatihan itu sendiri.
“Biaya yang kami tarik dari para peserta digunakan untuk kegiatan pelatihan itu sendiri. Seperti pengadaan snack, makan, honor pemateri dan lain-lainnya,” jelasnya.

Adanya iuran dimaksud diamini salah satu guru yang menjadi peserta kegiatan pelatihan, yang merasa keberatan dengan adanya pungutan karena dinilai sangat membebani.

“Kami semua dimintai iuran 350 ribu. Kami merasa bingung, masa kegiatan seperti ini tidak ada anggarannya. Bayangkan saja 350 itu dikali jumlah peserta, besar itu uang nya,” keluhnya sembari minta agar namanya tidak dipublikasi.

Berdasarkan informasi, kegiatan pelatihan tersebut dilakukan oleh Lembaga Pelatihan Nasional dan diikuti peserta yang kesemuanya adalah Guru. Mulai dari Guru TK, SD, dan SMP.
(Red)

Reporter: Iqo/Ade

Related posts

Leave a Comment